My world

Saturday, June 30, 2007


BAB KERAS PADA BAYI


Bingung kalo baby BAB nya keras? mungkin ini salah satu pemecahannya.

Perubahan jenis makanan dapat memicu terjadinya sembelit pada bayi dan anak. Perubahan jenis susu dari ASI ke PASI dapat menyebabkan sembelit, antara lain karena kandungan zat besi dalam PASI yang tinggi, cara melarutkan PASI yang salah, atau kekurangan cairan.
Cara melarutkan PASI harus sesuai dengan aturan yang tertera di kemasannya, perhatikan bahwa ada PASI yang dilarutkan dengan 30 ml air, tetapi ada pula yang dilarutkan dengan 60 ml air. Dalam melarutkan bubuk PASI sebaiknya sediakan dulu airnya baru masukkan bubuknya. Pelarutan sebaliknya dapat meningkatkan kekentalan PASI yang berakibat sembelit.
Mengenai air putih, sebaiknya dibiasakan pemberiannya setelah minum susu, selain untuk membersihkan mulut juga untuk memenuhi kebutuhan cairan, terutama dalam udara panas. Seorang bayi membutuhkan cairan ± 100-200 mL per kg berat badannya, dalam bentuk susu atau air putih.
Jika cara pelarutan susu serta kecukupan cairan sudah terpenuhi tetapi masih tetap sembelit, boleh dicoba memberikan gula 1 sendok teh pada 30 ml air putih di berikan 3x sehari karena gula bersifat menarik air sehingga tinja tidak keras.

sumber : tabloid nakita

No comments: